SENAM

Administrator 29 Maret 2021 10:01:20 WIB

KEGIATAN SENAM IBU-IBU DESA KARANGAN DILAKSANAKAN SETIAP HARI JUM'AT PUKUL 08.00 WIB s/d SELESAI

Senam merupakan satu di antara cabang olahraga yang melibatkan beberapa gerakan tubuh serta membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik.

Senam dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan, serta menanamkan nilai mental spiritual kepada individu yang melakukannya.

Tak hanya itu, senam juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri. Jika dilakukan secara rutin, senam bisa membuat tubuh lebih ideal sehingga dapat membuat seorang tampil lebih percaya diri.

Seiring berkembangnya era yang makin modern, senam mengalami perkembangan cukup pesat.

Beberapa manfaat dari melakukan senam di antaranya:

Membantu koordinasi tubuh

Jenis senam apa pun membutuhkan koordinasi yang baik. Makin rutin berlatih, tubuh akan cepat beradaptasi saat melakukan senam.

Untuk bisa menyelesaikan setiap gerakan yang sulit juga perlu koordinasi yang baik. Dalam jangka panjang, hal tersebut tentu akan berdampak positif pada tubuh saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Tubuh makin fleksibel

Beberapa gerakan senam menuntut fleksibilitas tubuh. Makin sering terlatih melakukannya, maka tubuh makin fleksibel. Hal ini dapat mengurangi risiko mengalami cedera sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh agar bergerak leluasa.

Membentuk kekuatan

Wajar ada yang menganggap gerakan senam terasa sulit. Bahkan, para atlet juga dulunya merupakan pemula yang memiliki pemikiran serupa. Namun, dengan rutin berlatih, senam dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas dan bawah.

Menambah kepercayaan diri

Dengan rutin melakukan senam dapat meningkatkan produksi endorfin. Hal ini dapat membuat seseorang merasa bahagia sekaligus percaya diri. Tak hanya itu, postur tubuh juga menjadi lebih ideal seiring dengan bertambahnya fleksibilitas tubuh.

Menghambat Proses Penuaan

Melakukan senam secara teratur bisa menghambat proses penuaan atau degeneratif. Selain itu, orang yang rutin senam akan mendapatkan kebugaran jasmani yang baik yang terdiri dari unsur kekuatan otot, kelenturan persendian, kelincahan gerak, keluwesan, dll.

Komentar atas SENAM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Karangan

tampilkan dalam peta lebih besar